Langsung ke konten utama

Contoh Drama Sepuluh Orang (Kelas XI - IPA)




JUDUL DRAMA:PETUALANGAN PAK TYO

PARA PEMAIN
MUH BAKRI             Sebagai RHEZA
MUH AGUNG           Sebagai BOBHY
RANDI S                    Sebagai PAK BRAMANTIYO PRATAMA/ Pak Tyo
MERIARIANI                       Sebagai RHIRI’
NIRWANA AMIR    Sebagai NIRWANA  TIYO/  Anha
NILMA SARI                        Sebagai IBU NILMHA BRAMANTIYO/ Ibu tiyo
NURBAYA                Sebagai IBU FITRI
SITTI ARMILANA   Sebagai CHERY LINSY BRAMANTIYO/ Chery
SRINUR HAJRAH    Sebagai  FARAMHITA  TIYO/ Mhita
YULIANA AGUS     Sebagai ECHY

SINOPSIS:
Seorang perempuan yang ditinggalkan suaminya selama 14 tahun hidup dengan kedua anaknya. Kedua anaknya itu sangat berbeda karakter, anak pertamanya yang bernama Anha sangat shaleha, berjilbab. Sedangkan anak bungsunya yang bernama Mhyta, tomboy, bergaul dngan anak lelaki. Dan dia mempunyai seorang sahabat yang bermana Rezha, slama brsahabat dia memendam perasaannya itu tapi setelah dia tau bahwa rezha suka dengan kk’nya(Anha), Dia mengiklaskan Rezha dengan kk’ nya walaupun dia harus memendam perasaannya demi kebahagiaan sahabat dan kk’nya itu.
            Suaminya yang bernama Bramantio itu menikah lagi dengan seorang perempuan yang bernama Nilma,mereka mempunyai seorang anak yang bernama Chery yang sangat angkuh dan sombong, suatu hari  chery bertemu dngan anha dan mhyta. Chery dan mhyta pun tidak pernah akur. Dan akhirnya papanya chery bangkrut dan yang menolongnya anha. Mereka pun akur setelah dia tau bahwa mereka itu bersaudara dari ayahnya.

DRAMA:
Pagi itu anha siap-siap berangkat ke sekolah, sementara mhita bangunnya kesiangan.
Mhita               : kk’ ko ga’ bangunin aku sihh.
Anha               : kk’ kira kamu sudah bngun
Ibu fitri            : kenapa kamu salahin kk’ kamu. Salah kamu sendiri tidurx kemalaman.     
Mhita               : ihhh,,, mama ini.
Anha               : kita berangkat dulu yah ma’.
Ibu fitri            : hati-hati di jalan anha...
Anha               : ia ma’...
Mhita                           : kenapa sihh. Dri dulu mama tuh selalu ngebedains, aku dan kmu, mama cuman sayang’nya sama kamu.
Anha               : siapa bilang mhit, mana ada ibu yang ngebedain anak-anaknya.. jdi kmu jngan simpan d hati ya’. Kan ada kk’ yang sayang bnget sama kmu.
Setelah sanpai di dpan sekolah seorang cewe menabrak bahu anha.
Chery         : He’,,  punya mata ga’ sih loh..? jalan tu pake’ mata jangan pake dengkul .
Mhita          : woooiii.... biassa’ dong,,, loh yang nabrak kk’ gue knapa jadi loh yang marah....
Chery         : gue ga’ bicara sama loh ya’ cewe jadi-jadian, jadi loh ga’ usah ngemeng dehh.
Mhita          : apa lu’ bilang,? Loh tu, maklampir.... ini mulut tuh mulut gue’ knapa jadi loh yang sewot.
Chery         : alaaaahhhhh.....! he’ loh minta maaf ga’ (menunjuk ana)
Mhita          : emeng siapa loh...? yang  gue tau loh tuh cewe’ sombong, angkuh, blagu, dan g’ punya sopan santun.
Chery         : ngomong apa lu barusan.? Jadi loh g’ kenal sama gue yah... kenalin  nma gue Chery Lhinzi Bramantyo.
Anha          : stoopp...!! uda lah mhit,! Aku minta maaf ya cher..
Mhita          : apa-apaan sih kk’ orang cewe angkuh ini yang salah. Maklampirrrrrrrrr........
Anha          : ga’ papa... ayo kita pergi ntar terlambat lagi.
Chery         : huuuu’.... dasar cwe lengos...
Aca’ dan eci pun menghampiri chery.
Aca             : kamu kenapa cher..?masih pagi gini muka kmu uda kusam kaya’ gitu.
Eci              : ia cher.. pasti belum d strika...
Chery         : ahhh diam kalian, kalian ini bikin aku tambah sebel ajj.( meninggalkan aca dan eci)
Di depan sekolah rezha mencari mhita untuk mengajaknya ke toko buku.
Rheza         : ehh mhit, entar sore tmenin aku ke toko buku ya’...
Mhita          : yahhh,,,, soryy bnget ya rez, entar sore aku ada janji ama bobhy biassa,,,, ke bengkel, jadi kmu sma kk’ aku ajja yahh...
Rheza         : emeng kk’ kmu mau apa..?
Mhita          :” kk’ mau kan temenin rezha...! mau ya’ ka”...!!
Anha          : emmm.... gi’mana yahh.. d rumah kan lagi banyak  kerjaan.
Mhita          : aduhhh... kk’ ini kebanyakan mikir dehhh...
Rheza         : ntar sore aku jemput di rumah kamu yah.
Anha          : itu pun kalo mama aku ngijinin.
Rheza         : ia….
 Beberapa jam kemudian Rheza ke rumah Anha.
Rheza         : sore tante’...
Ibu fitri       : ehhh ada rheza, mhita’nya lgi kluar...
Rheza         : aku nyari anha ko’ tante... pengen di tmenin ke toko buku.
Ibu fitri       : ooowww... tunggu ya’ tante panggilin.
        Nha.... Anha....  ada rheza nih cari kamu.
Anha          : ia ma’,,, anha mau ganti baju dulu.
Ibu firtri     : anha bru ganti baju, katanya tunggu sebentar.
Rezha         : ia,, ma’kasih tante...
Anha          : ayo brangkat.
 Chery dan kedua temannya pun menuju ke toko buku tersebut, dan didepan toko mereka bertemu dengan anha dan rheza.
Chery         : eeehhh ada rheza my hany d sini... emeng ya’ kalo jodoh tuh ga’ kemana... kamu ke sini pasti nyanparin aku kan...
Rheza         : iihhh... apa sih looh cher..  gr banget bnget dehh, orang aku ke sini sama anha.
chery          : aduuhhh rhez... low nyari teman tuhh jngan yang muka babu kaya gini dong.... ga’ selevel tau ga’ sama kita...
Rheza         : he’ cher jaga ya’ mulut loh..  “ayo nha kita cri toko buku yang lain ajj.”
Chery         : heemmm lucu’ ya, mhita suka sama rheza tapi rheza suka’x sama anha., tpi cumin akku sihhh yang pantas buat rheza…
Aca             : eh cher, maaf ya’ tdi aku g’ bales sms kmu, coz hp aku lagi rusak.
Ecy             : aku cher... hp aku d mainin ade’ aku trus di lemparin, rusak deehhh
Chery         :hemm luucu  ya’, hp rusak jgbersamaan..                                                                                                     
Ecy             : ia cher lucu....!!!
Chery         : dasar goblok. Ntar gue bliin kalian BB.
                   Minggir kalian(chery pun pergi)
Aca             : dasar sombong.
Sesampainya di rumah chery langsung teriak-teriak.
Chery         : mami..... papi.......!!!!!!!!!!
Pak tiyo      : kamu kenapa sih sayang,teriak-teriak seperti orang gila saja.?
Chery         : ihh papi... masa’ anaknya yang manis ini di bilang gila sihh...
Pak tiyo      : papi kan cuman bercanda sayang.....   memengnya ada apa sih...?
Chery         : papiq yang baikk seluruh indonesia...
Pak tiyo      : ko’ cuman seluruh indonesia..?
Chery         : aduhh papi.... chery ulangi  ya’... papiq yang baik dan ganteng sejagat raya,, aku minta di beliin BB dong, 4 ajj pi’...
Pak tiyo      : kamu ini,,, papi kira ada apa, cuman 4 yang kamu minta...? itu sedikit sekali sayang... kenapa tidak sekalian dengan tokonya. Apa sih yang tidak papi laku’in buat kamu...
Chery         : trima kasih ya’ papiq ganteng....
                   Mami ke mana pi...?????
Pak tiyo      : katanya sihh ke rumah temannya arisann...
Ibu tiyo      : ada apa nih,,? Tumben cari mami’.?
Chery         : eh mami uda dateng.. mam laper...
Ibu tiyo      : astaga... mami lupa kalo bibi lagi pulang kampung, kita makan di luar ajj  pi’..!
Pak  tiyo     : sekali-kali mami dong yang masak.
Ibu tiyo      : iihhh papi, ogah dong mami, mami tuh baru tadi sore  kesalon. Masa langsung terjun ke dapur.eehhhh.
Chery         : uuhhhh chery laperr.... mending chery  yang kluar sendiri ajj dehh.
Di tengah jalan chery di hadang oleh bobhy(teman mhyta)
Bobhy        : hay cewe’k cantik sendiri ajj,,
Chery         : emeng kata siapa kalau gue jelek.? Mau gue sendiri or berdua itu bukan urusan looh...
Bobhy        : angkuh banget sihh jadi cewe’. Kalau bicara sama orang ganteng tuh harus lembut.
Chery         : ha’...? ga’ salah tu’... ganteng..??? genteng sihh ia... minggir lohh jangan halangi jalan gue’.
Bobhy        : kita kan belum kenalan, nama gue bobhy. Kmu siapa..?
Chery         : bodoh amat.... ga’urus...!!!!  loh mau tau,,  nama gue’ Chery Lhinzi Bramantiyo.
Bobhy        : nama kamu bagus juga,,, se’manis orangx.
Chery         : ihhhh...
  Ke’esokan harinya, rheza datang lagi ke rumah anha.
Rheza         : assalamualaikum...
Ibu fitri       : waalaikum salam...
Rheza         : anha’nya  ada tante’..?
Ibufitri        : ada ko’ didalam, masuk saja’.
Rheza         : eemmm... ma’ kasih tante...
Anha          : ada apa rhezz..?
Rheza         : eemmm.... kluar yuk jalan,ni kan hari minggu.
Anha          : ke mana.?
Rheza  : ke mana ajj de
Mhita nguping pembicaraan mereka, dengan muka yang cemberut karna ternyata selama bersahabat dia punya perasaan dngan rheza.
Mhita          : mereka mau ke mana ya’..??? aduuhhhh.... knapa aku mikirin ini sihhh.... mhiittt,,, sadar... ayo sadarr...(sambil memukul kepalanya) dasar begoooo
     Mhita duduk sendirian di teras rumahx sambil menghayal.
Ibu fitri       : mhita,,,! kmu lagi mikirin apa...?
Mhita          : emmm... mhita lgi  ngebayangin wajahx papa ma’, papa mirip mhita atau anha ya..?? mhita pengen bnget ma’ ketemu sama papa’...
Ibu fitri       : mhit mama’ tidak suka klo kmu pikirin papa’ kmu itu, anggap saja dia sudah mati. Seandainya papa kmu sayang sama kita, dia pasti mencari kita sampai ketemu. Dan mama harap kmu berhenti mencari papa kmu itu.! Kamu mengerti kan.
Mhita          : tapi ma’...!!!
Ibu fitri       : ga’ ada tapi-tapian...
Mhita          : mama jahat.. mama selalu ngebedain aku sama ana.
Ibu fitri       : kk’ kmu itu tidak pernah bertannya soal papa’ kmu. Tapi  kmu dari kecil slalu menanyakan papa’ kmu. Masuk sana...!
Ke’esokan harinya,  chery menemui kedua temannya.
Chery         : nihh BB buat kalian berdua. Cos gue ga’ mau ya’ punya temen yang kelihatan miskin.
Aca             : ni BB beneran buat kita cher..? kita ga’ minta loh cher...!!!!
Ecy             : ia cher..! “kmu baik dehhh....”
Chery         : ihh... ga’ usah lebay dehhh, lo kira BB ini gratis.? Hello... skarang ini mana ada yang gratis...
Aca             : emm... aku kira gratis cher...!!
Ecy             : trus gi’ nma dong...???
Chery         : bgini, lu cukup bantu gue permaluin mhita, krna dia uda brani nantang gue...!  gi’mana..??
Aca dan eci : siippp deeehhhh.....

Bobhy        : ehh,, ketemu lagi, emeng ya’ kalo jodoh itu kaga’ kemana...
Chery         : jodoh..??? saraf loohhh...
     Tiba-tiba mhita datang.
Mhita          : bobhy,,? Ngapain lu di sini.? Dengan si maklampir ini lagi...
Chery         : iiuuu.....cewe’k jadi-jadian + cowo saraf... minggir kalian,,, gw g’ mau ya’... sampai tertular dngan penyakit kalian itu.
Mhita          : dasar maklampir....!!!! cewe’ endot.
Chery         : (berbalik) apa lu bilang...???
Mhita          : a.....pa....? gua bilang,,, tadi pagi itu aku makan pake sendookkk.
Bobhy        : lu kenal sama cewe’ yang tadi..??
Mhita          : ia lahhh.... dia tuh pernah nabrak kk’ gue, dan parahnya, dia yang salah ehh malah kk’ aku yang di suruh minta maaf.
Bobhy        : ternyata dia manis ya’....
Mhita          : manis apanya...??? mata lu juling kaleee’.... jangan bilang kalo loh suka sama maklampir itu...!!!
Bobhy        : eeemmm..... mungkin.....!!!!
               Setelah chery sampai di rumahnya, dia melihat mami’nya menerima telfon dan terjatuh.
Chery         : mam... mami kenapa...??
Ibu tiyo      : cherrr....!!!
Chery         : mami kenapa siihhh...? cerita dong sama cheri..!
Ibu tiyo         : papi kmu bangkrut cher.... dan utangnya banyak di Bank...  sebentar lagi rumah dan smua milik kita akan di ambil cher... karna utang papi kmu di Bank...
Chery         : apa....????  mami bohong kan mi’...  mami bercanda kan....???!!!
Ibu tiyo      : tidak sayang... mami tidak bohong.... sekarang papi kamu  menghilang entah ke amna.!
Chery         : mam... chery ga’ mau miskin.....
Ibu tiyo      : mami juga sayang..!! sekarang kita harus tinggal di mana..?
Chery         : masa’kita harus terlantar sih mam’ ..... ga’ mau cheri...!!!
Dan akhirnya mereka pun pergi meninggalkan rumahnya. (chery menelfon temannya)
Chery         : haloo....
Ecy             : ia cher... ada apa....?
Chery         : ecy.... aku  uda ga’ punya apa-apa lagi ...
Ecy             : gi’ mana ceritanya cher..?
Chery         : panjang  cy’...
Ecy             : apanya yang panjang  cher ...?
Chery         : ceritanya goblokkk....
Ecy             : ooohhhh..... maaf  ya cher  kaya’x  aku ga’ bisa bantu.( ecy mematikan hp’x )
Chery         : haloo... (menelfon  aca’)
Aca             : haloo, knapa cher..?
Chery         : aca’ papa’ aku bangkrut dan smua milik kami di sita’...
Aca             : waaaoooowww.........! maaf ya’ cher dirumah aku lagi banyak tamu... uda dulu ya’ cher aku banyak kerjaan..
Di tengah perjalanan chery  bertemu dengan bakri dan ana.
Anha          : cher, kmu kenapa..?
Chery         : mau tau ajj si lohh...
Ibu tiyo      : kita bigung, kita tidak tau harus ke mana lagii...!!! rumah dan smua milik kami di sita. Dan papinya chery tdak tau kemana.
Anha          : kalo begitu, chery dan tante ikut ke rumah aku saja.
Rheza         :(membisik anha) nha, mhita kan ga’ akur sama chery...
Anha          : ntar juga dia baikan...
Rheza         : emmm... aq kenal bnget sama mhita, g’ segampang itu dia maafin orang.
Anha          : smoga ajj dia sudah berubah...
                   Ayo cher... tante...!!!! kita ke rumah aku...!
Mereka pun sampai di rumah anha.
Anha          : assalamualaikum....!!! ma’... mama...!
Rezha         : aku pulang dulu ya an’, tante.
Ibu fitri       : walaikumsalam....!!! eh ada tamu... silahkan masuk.!
Ibu tiyo      : ia bu’ trima kasihhh....
Anha          : ma’ untuk sementara chery dan mama’x boleh kan tinggal di sini.
Ibu fitri       : knapa tidak... boleh dong sayang...
Ibu tiyo      : trima kasih ya’ bu’...  trimah kasih sekali.
Chery         : trima kasih juga ya’ an... skarang aku sudah sadar, bahwa mkita tidak boleh sombong dan bangga dngan kekayaan karna itu semua bisa musnah.
Anha          : bagus deh kalo kmu sudah menyadari semua kesalahan kmu. Dan semoga  peristiwa ini menjadi pelajaran buat kamu.
Chery         : aku janji an sma kmu aku akan tobat yng sesungguhnya, dan menyingkirkan semua sifat jelek aku.
Anha          : kmu jngan janji sama sya cher tpi berjanjilah kepada Allah dan dirimu sendiri.
Ibu fitri       : kalo boleh tau... ceritanya bagaimana bu’...???
Ibu tiyo      : perusahaan suami saya bangkrut bu’ dan tanpa sepengetahuan saya, ternyata suami saya punya banyak utang di Bank... jadi rumah dan smua milik kami di sita.
Ibu fitri       : sabar ya’ bu’ ini semua cobaanbuat ibu. Dan Allah itu tidak akan  memberikan cobaan kepada hamba’x apabila ia tidak dapat menjalaninya.
Ibu tiyo      : trima kasih lagi ya bu’ atas nasehat’nya... selama ini, saya tidak pernah menjalankan perintahnya.
Ibu fitri       : kalo begitu mari kita shalat bersama-sama bu’...!!!
Chery         : an,, maafin atas smua salah aku ke kmu ya’...!!!
Anha          : tanpa kamu minta maaf aku juga uda maafin kamu ko’...
Chery         : (chery pun memeluk anha) ma’ kasih ya an’... kmu mmeng baik.
Tiba-tiba mhita datang.
Mhyta         : wahhh...wah...wahhh..... ada yang baru niihhhh.....
                   Orang kaya ko’ bisa sampai di sini sihhh.
Anha          : mhyt,,, kamu jangan begitu dong, chery ini tamu kita. Dan untuk sementara chery dan mama’nya akan tinggal di sini. Sampai dia mnemukan rumah yang baru.
Mhita          : ko bisa..??? bangkrut ya’….?
                    rasa’in... blagu sih looh bangkrut khan...emmm...
Chery mendekati mhita.
Chery         : mhyt,,, aku minta maaf ya’ atas smua salah aku ke kamu. Sekarang aku uda sadar ko dngan  semua salah aku… dan aku mohon maafin aku…
Mhita          : knapa ga’ dari dulu lu’ sadar cher…??? Knapa bru skarang.?   Truss  aku harus gitu’.. maafin kamu. Gampang banget ya cher,! Lu’ dapet maaf dri kk’ aku. Tpi   kalo aku perlu bukti bukan cuman kata maaf doank.
Chery         : mhit…
Mhyta         : ahhh… mending gwa kluar dehda ri pada hrus ngeliat wajah kmu yang endot itu.
Chery         : an,,, apa mhita ga’ akan maafin aku,,?
Anha   : tnang ajj cher, dia pasti maafin kamu ko’…
mhyta pun ke tempat tongkrongan’nya., dan di situ ada rezha dan bobhy yang sedang bermain gitar.
Mhita   : he bray kalian tau kaga’ chery dan mama’nya tu skarang ada d rumah aku, emeng dia kira  rumah aku penampungan apa...???
Bhoby : apa mhit…???  Lo ga’ lagi bercanda khan…?
Mhita   : ya engga’ lah,,,         
Rheza  : aku tau ko’, orang aku dan anha yang ngantarin ke rumah kamu....
Mhyta  : knapa lu bawa ke sumah gwa goblokk. Lu mau bikin rumah gwa rusuh apa..?
Rheza  : anha ko’ yang  manggil…
            Kk’ kmu itu baik bnget ya, uda baik, cantik, berjilbab,, pokok’x idola aku bnget dehh…  beda 100 derajat deh sama kmu.( mhita berwajah sangat kesal)
Ke’esokan harinya pak tiyo menelfon chery.
Pak tiyo           : hallo cher..!!!
Chery              : halo papi.. papi di mna,,? Chery kangen sama papi’, papi baik-baik ajj khan...???
Pak tiyo           : ia saying,,, papi baik2 ajj. Papi minta maaf ya’ karna tidak bisa menjadi papi yang baik untuk kalian.
Chery              : papi jngan bilang kaya gitu dong… chery sayang sama papi…
Pak tiyo           : papi juga sayang ko’ sama chery dan mami’… skarang kalian tinggal di mna...?
Chery              : di rumahnya temen aku pi.. temen aku ini baik bnget pi’.. g’ seperti aca dan ecy. Papi ke sini ya’ jemput kita. Ntar aku kirimin alamatnya pi’.
Pak tiyo           : ia. Tunggu papi di situ ya’.
Pak tiyo sampai di rumah anha.
Pak tiyo           : assalamualaikum,,,
(Ibu fitri,ibu tiyo dan anha). Waalaikum salam…
                         Ibu fitri berbalik dan sangat terkejut saat melihat pak tiyo. Karna ternyata pak tiyo papanya chery adalah suami yang meninggalkan nya 14 tahun yang lalu.
Pak tiyo           : fitri…????
Ibu fitri           : mas tiyo...
Tiba-tiba rheza, bhoby, dan mhyta datang.
Pak tiyo           : fit... kmu ke mana saja..?? 14 thun saya mencari kamu setelah kejadian itu tpi kmu tidak juga ku temukan.
Ibu tiyo           : sebenarnya apa ini,?
Pak tiyo           : begini ceritanya... ( pak tiyo bercerita)
Ibu fitri           : ya sudalah,,,!!!! Kita buka lembran yang baru saja..???
Chery              : berarti… aku anha dan mhyta bersaudara dong…
Mhita              : jadi ini papa’ aku ma’…
Ibu fitri           : ia mhit… skarang kmu sudah tau kan papa kmu yang sebenarnya.
            Kedua teman cheri pun datang dan meminta maaf ke chery.
Aca                 : cher maafin kita berdua ya’ karna dulu kita uda mamfaatin kamu.
Ecy                  : ia cher...!!!! kami sadar bahwa yang kita laluin salah. Abis kita kesel sama kmu karna kmu slalu meremehkan kita berdua.
Chery              : ia ga’ pap ko’ aku uda maafin kalian.
Dan akhirnya  mereka semua sadar dan memulai hidup baru. Pak tiyo pun  membeli rumah yang besar dan hidup bersama kedua istrinya dan ke tiga anaknya. Anha dekat dngan rheza dan chery dekat dengan bhoby.

TAMAT


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Kimia Unsur

KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan Makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Harapan s aya semoga Makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga s aya dapat memperbaiki bentuk maupun isi Makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik. Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang s aya hadapi. Namun s aya menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang s aya hadapi teratasi. Oleh karena itu s aya mengucapkan terima kasih kepada : 1.       Bapak guru bidang studi Kimia yang telah memberikan tugas, petunjuk, kepada s aya sehingga s aya termotivasi dan menyelesaikan tugas ini. 2.       Orang tua yang telah turut membantu, membimbing, dan mengatasi berbagai kes

Makalah Bioteknologi Kedokteran dan Pertanian (Kelas XII - IPA)

MAKALAH : BIOTEKNOLOGI KEDOKTERAN dan PERTANIAN KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan Makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Harapan kami semoga Makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi Makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik. Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang kami hadapi teratasi. Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada : 1.       Bapak guru bidang studi Biologi yang telah memberikan tugas, petunjuk, kepada kami sehingga kami termotivasi dan menyelesaikan tugas ini. 2.       Orang tua yang telah turut

Tips Trik Winning Eleven

1.      Corner untuk tendangan pojok pertama-tama gunakan o kiranya separo dan kemudian tekan kotak tahan dijamin gol dech… 2.      Gerak Tipu 1. upperbody feint (gerak tipu bagian badan atas)=goyangan badan kekiri dan kanan searah dengan bola tekan ”+” 2x. Contoh : bila sedang membawa bola ke kanan lurus, tekan ”tombol arah (kanan dan bawah sekaligus=tenggara)”. 2. gerak tipu kaki = arahkan ”R3” ke depan 2x (searah pemain) 3. gerak tipu kaki 2 = L1 2x. 4. gerak tipu kaki 3=saat bola / [emain berhenti tekan R2 2x. 5. gerak tipu tembakan (shot)=saat bola atau pemain berhenti, tekan R3 2x searah badan. 6. gerak tipu tembakan (shot) 2= ”D” atau kotak kemudian secepatnya tekan ”+” dan ”X” arah kelanjutan gerak tipu tergantung dari tombol arah. Kalau kamu tidak menekan ”+”, pemain secara otomatis akan bergerak ke kiri. 7. gerak tipu tembakan 3 (crossing sebelum memasuki atau sejajar kotak penalti) = lakukan crossing seperti biasa (tekan ”O”) tapi secepatnya kamu tekan ”+”